Aplikasi Grafik Komputer dan Pengolahan Citra Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tugas kelompok

: Bimar Listanto      (31111490)
: Firmansyah            (32111901)
: Gilang M R              (33111059)

Aplikasi Grafik Komputer dan Pengolahan Citra Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Grafik komputer merupakan salah satu ilmu yang dipelajari di teknik informatika dan ilmu komputer. Aplikasi grafik komputer ini sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu pemilihan software yang tepat akan sangat membantu menciptakan bentuk-bentuk objek dengan realisme nyata. Borland C++ Builder Prefessional merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menyediakan tool-tool dan fungsi-fungsi untuk pembuatan aplikasi grafik.

Ada lagi fasilitas-fasilitas GDI (Grafical Device Interface) yang dipunyai oleh Borland C++ Builder ini akan sangat memudahkan penggunanya dalam menciptakan aplikasi grafik.

Borland C++ Builder menyediakan beberapa algoritma untuk mempresentasikan objek agar terlihat lebih nyata.

Adapun perbedaan grafik komputer dan pengolahan citra. Grafik komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu objek gambar. Sedangkan pengolahan citra adalah mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru.

Contoh lain grafik komputer dalam kehidupan sehari -hari :

- Bidang hiburan, misalkan  pada film, grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik.

 Image

CONTOH KARYA ANIMASI DALAM SEBUAH FILM

Bidang pendidikan, grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.

Image

CONTOH SEBUAH PRESENTASI

Contoh pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :

- Bidang kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.

 Image

CONTOH GAMBAR RONTGEN

- Bidang visual, bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain

 Image

CONTOH GAMBAR YANG DI AMBIL OLEH SATELITE

Manfaat komputer dalam kehidupan sehari hari angat banyak dan sangat membantu, mempermudah, mempercepat pekerjaaan pekerjaan manusia diantaranya adalah :

1. Bidang pendidikan dengan adanya kompyter mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran, jadwal pelajaran sekolah membuat daftar nama siswa, membuat daftar nilai siswa, membuat absen siswa, membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru guru sekolah. Menakses informasi pendidikan lewat internet. Seiring perkembangan jaman internet telah merambah sekolah sekolaj setingkat kecamatan hingga akses informasi semakin mudahdi peroleh untuk kemajua pendidikan tiap tiap sekolah

2. Bidang kesehatan mempermudah dokter dan perawat dalam memonitor kesehatan pasien. monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah, memeriksa organ dalam pasoen dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan almarhun mantan presiden Soeharto di rumah sakit pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti jantung, paru paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang di gabungkan dengan teknologi informasi dan komputer.

3. Bidang Tranportasi dengan komputer seua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan di jadwalkan denga komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah di program di dalam komputer. Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. demikian juga penjualan tiket di bandar, stasiun, dan terminal bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.

4. Bidang Jasa Pengiriman barang kantor pos bisa mengirim dokumen pengiriman barang lebih cepat dana akurat. Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari hari menerima surat, cukuo lewat email saja lebih cepat dalam sekejap, jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.

5. Bidang Industri otomotif mobil mobil di buat dari kerangka body, mesin peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang di kendalikan oleh komputer dengan lebih akurat. Dengan bantuan komputer pabripabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjalan secara manual dengan tenaga manusia.

6. Bidang Jasa Konstruksi dengan komputer para insinyur dan arsitek mendesain gambar knostruksi denagn pemodelan dan penghitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar konstruksi di desain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000atau STAD III ang di operasikan dengan bantuan komputer.

7. Bidang Jasa percetakan percepatan koran , majalah, buku buku, semua di kerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan, bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dan tidak up to date lagi.

8. Bidang industri perfilman semua efek efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. animasi nya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. sebagaicontoh film film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenernya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah olah mirip dengan kejadian nyata.

Perkembangan Grafika komputer

Bagian dari perkembangan grafika komputer meliputi:
• Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
• Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
• Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
• Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar pada grafik

SISTEM GRAFIKA KOMPUTER

Sejarah Perkembangan Komputer Grafik
1.Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.
– 1961 : Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer.
– 1963 : ditemukan Ivan Sutherland (di MIT) > Sketchpad (manipulasi langsung, CAD), yaitu sebuah alat untuk menampilkan Calligraphic (vector).
– 1968 : ditemukan Evans & Sutherland. > Mouse oleh Douglas Englebert.
– 1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan.
2. 1970 : Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier.
3. 1971 : ditemukan Gouraud Shading.
4. 1972 : ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer.
5. 1974 : Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek,

PENGOLAHAN CITRA

Mikroskop elektron adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan dalam  patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak tugas-tugas lainnya.

Contoh aplikasi lainnya :

* pemetaaan tutupan lahan dan pendeteksian perubahan lahan

* penilaian pertanian dan monitoring

* manajemen pantai dan sumber daya laut

* explorasi mineral

* explorasi minyak dan gas

* manajemen sumber daya hutan

* perencanaan kota dan pendeteksian perubahan lahan kota

* pemasangan dan perencanaan telekomunikasi

* oseanografi fisik

* pemetaan topografis dan geologis

* pemetaan dan pendeteksian es laut

CONTOH GAMBAR OLAH CITRA :

 Image

Image

Image

Sumber :

http://muhammadsatra.blogspot.com/2011/11/aplikasi-grafik-komputer-komputer.html

http://arpy-angara.blogspot.com/2011/10/contoh-aplikasi-grafik-komputer-dan.html

Kami mencari tugas di google dengan mencari di beberapa situs, lalu mengambil inti nya untuk di ringkas sedemikian rupa hingga mendapatkan semua yang di perlukan

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s