Motivasi

MOTIVASI

Motivasi adalah suatu gerakan yang mendorong seseorang untuk berbuat suatu tujuan yang positif. Seseorang dapat termotifasi karena sesuatu yang menurutnya penting dan wajib dia punya. Terkadang motivasi juga di perlukan untuk kemajuan seseorang di berbagai bidang.

Dan menurut berberapa para ahli tentang motivasi :

  1. Menurut Koontz dalam Moekjizat (1984) motif adalah suatu keadaan dari dalamyang memberi kekuatan, yang menggiatkan atau menggerakkan, dan yangmengarahkan atau menyalurkan perilaku kearah tujuan-tujuan tertentu.
  2. Menurut Walgito (2002) Motivasi berasal dari bahasa latin movere yang berarti bergerak atau tomove yang berarti kekuatan dalam diri organisme yang mendorong untuk berbuat(driving force). Motif sebagai pendorong tidak berdiri sendiri tetapi saling terkait dengan faktor lain yang disebut dengan motivasi.
  3.        Menurut Caplin (1993) Motivasi adalah suatu keadaan ketegangan didalam individu yang membangkitkan, memelihara dan mengarahkan tingkah laku menuju pada tujuan atau sasaran.Motif juga dapat diartikan sebagai tujuan jiwa yang mendorong individu untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu dan untuk tujuan-tujuan tertentu terhadapsituasi disekitarnya (Woodworth dan Marques dalam Mustaqim, 1991).
  4. Menurut Gunarsa (2003) terdapat dua motif dasar yang menggerakkan perilakuseseorang, yaitu motif biologis yang berhubungan dengan kebutuhan untuk mempertahankan hidup dan motif sosial yang berhubungan dengan kebutuhansosial

 

Menurut Maslow A.H. tingkat motivasi di gambarkan menjadi enam faktor,yaitu: kebutuhan fisik, kebutuhan rasa aman, kebutuhan akan kasih sayang,kebutuhan seks, kebutuhan akan harga diri dan kebutuhan aktualisasi diri.

 

Tapi menurut versi saya seseorang dapat termotivasi karena beberapa faktor, diantara lain nya kerena kebutuhan . kebutuhan hidup yang cukup tinggi membuat seseorang termotivasi untuk lebih giat bekerja, semata mata hanya ingin bertahan hidup dengan berkecukupan bahkan lebih. Factor berikut nya adalah tujuan, tujuan individu akan memotivasi sebuah individu untuk memenuhi tujuan pribadi nya sendiri. Misal nya adalah seseorang yang bermotivasi untuk menduduki kepala jabatan yang tinggi di suatu perusahaan, karena dia ingin memiliki jabatan yang tinggi maka dia bekerja dengan keras. Dengan kerja keras itu cepat lambat orang tersebut akan mendapatkan jabatan yang cukup tinggi. Faktor berikut nya adalah Hadiah, seseorang akan bermotivasi tinggi jika di upahi dengan hadiah, ambil contoh saja anak kecil yang termotivasi dengan suatu hadiah tapi dengan syarat, syarat nya adalah anak kecil itu harus mendapatkan nilai yang tinggi di ujian nya jika ingin memdapatkan hadiah. Anak kecil itu akan termotivasi belajar dengan giat untuk mendapatkan hadiah tersebut, tapi dampak nya kurang baik. Karena suatu saat nanti anak itu akan terbiasa dengan hadiah, jika tidak ada hadiah kemungkinan dia tidak akan mau belajar. Sebenar nya masih banyak lagi faktor faktor yang menyebabkan seseorang dapat termotivasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s