Sistem Informasi Manajemen Bab I

Bab I

Para pengguna system informasi ini dapa mencakup manajer dan nonmanajer di dalam perusahaan sekaligus orang orang dan organisasi di luar perusahaan. Dalam buku ini, kita akan berfokus pada manajer. Manajer adalah kelompok pengguna yang penting karena informasi merupakan hal yang sangat penting artinya bagi pekerjaan yang mereka lakukan. Manajer terhadap berbagai tingkatan organisasi dan di berbagai area bisnis. Manajer membutuhkan informasi untuk mengidentifikasi masalah, mengembangkan solusi alternative, memilih solusi yang terbaik dan meninjau konsekuensi dari keputusan yang telah mereka ambil.
            Masa depan teknologi informasi menunjukan adanya kelangsungan tren kea rah penyusutan ukuran dan peningktan mobilitas. Di masa depan , anda akan dapat mengakseskan teknologi informasi dimana saja, kapan saja.

Sejarah Sistem Informasi

            Tinjauan mengenai sejarah system informasi mencakup peninjauan kembali pada bagaiana peranti keras telah mengalami evolusi dan bagaimana penerapannya dari waktu ke waktu. Dalam kurun waktu setengah abad sejak computer digital untuk tujuan umum pertama kali di pasang di sebuah organisasi bisnis, peranti keras telah mengalami berlipat lipat kali kenaikan kecepatan dan kapasitas yang juga di sertai dengan pengurangan ukuran secara dramatis.

Evolusi Peranti Keras Komputer

            Komputer yang kita kenal sekarang dapat dilacak kembali ke sebuah mesin yang disebut Electronic Numerical Integrator and calculator-ENIAC, Yang di kembangkan pada tahun 1946 oleh john W. Mauchly dan J. Presper Eckert, dua orang insinyur di University of Pennylania. ENIAC adalah pendahuluan dari UNIVAC I Remington Rand, yang merupakan computer otomatis universal yang pertama kali di pasarakan secara luas.
            UNIVAC I yang pertama dipasang di sebuah organisasi pemerintahan, Biro Sensus AS pada tahun 1951, dan tiga tahun kemudian General Electric memasang jenis mesin yang sama. Mesin ini mampu melakukan 2000 kalkulasi perdetik. Komputer terdahulu yang disebut mainframe memfokuskan pada satu tugas tunggal.

Komputer Berukuran Lebih Kecil

            Selama bertahun tahun awal komputasi, di kebanyakan perusahaan, departemen computer memonopoli computer. Para pengguna tidak di perkenalkan untuk mengakses computer yang disimpan di sebuah fasilitas pusat komputasi. Contoh Spesifikasi informasi adalah analis system pemrograman administrasi basis data , spesifikasi jaringan, dan webmaster. Seiring dengan semakin populernya computer, para spesifikasi informasi menjadi semakin sulit mengikuti permintaan antrean pekerjaan yang menunggu pengolahan komputer menjadi hal yang terlihat umum. Beberapa produsen computer menyadari adanya kebutuhan untuk menyediakan sumber daya computer ini kepada para pengguna.
            Sistem skala kecil yang pertama disebut komputer mini . Yang dengan cepat diikuti oleh computer yang lebih kecil lagi yang disebut Komputer Mikro atau Mikro. Apple dan Tandy Corporation adalah pelopor di pasar komputer mikro. Ketika IBM memperkenalkan komputer mikronya, yang disebut personal computer, atau PC, pada tahun 1982, baik produk IBM ini maupun namanya diadopsi secara Universal, dan dewasa ini istilah computer pribadi, bersama sama, dengan komputer mikro, digunakan untuk menggambarkan system yang kecil, kuat, dan relatif tidak mahal yang dipergunakan oleh aplikasi bisnis maupun pribadi.

Hukum Moore (Moore’s Law)

            Istilah Hukum Moore, dari Gordon Moore, salah satu pendiri Intel, muncul pada tahun 1960-an. Pada awalnya hokum ini menyatakan bahwa kerapatan penyimpanan sirkuit terintegrasi dari sebuah chip silicon akan meningkatkan dua kali lipat setiap tahun nya.
            Dampak hokum moore akan sulit diterima oleh banyak orang. Para manajer yang tidak dapat memahami implikasi di atas sering kali dipaksa untuk bereaksi terhadap perubahan dalam teknologi sebagai ganti dari merencanakan untuk menghadapinya, dan menggunakankan perubahan tersebut sebagai suatu keunggulan kompetitif.

PENGANTAR ARSITEKTUR KOMPUTER

            Inti dari sebuah computer adalah prosesornya. Prosesor, yang dikendalikan oleh system operasi seperti Windows XP, mengelola alat input dan output, alat peyimpanan data, dan operasi atas data. Unit pemrosesan sentral mengendalikan seluruh komponen lain. RAM bertindak sebagai tempat kerja sementara CPU, semakin besar area kerja, makan akan semakin cepat CPU menyelesaikan tugas tugasnya.

PENGANTAR ARSITERKTUR KOMUNIKASI

Komunikasi antar computer di batasi oleh adanya fakta diprioritaskan komunikasi telepo antara manusia. Standar komunikasi telepon tidak pernah dimaksudkan untuk mengakomodasi komunikasi digital yang sangat cepat yang dibutuhkan antar computer.
            Komunikasi antar computer yang tidak mempergunakan sisterm public biasanya anak jauh lebih cepat. Standar komunikasi langsung seperti ini mulai dikembangkan setelah standar sisterm telepon public selesai dikembangkan. Kini, computer dapat berkomunikasi melalui jaringan nirkabel. Computer dirumah anda dapat menggunakan sebuah modem yang tersambung ke sambungan telepon anda yang memiliki kecepatan 56.000 bit per detik (56 Kbps), atau ke sambungan TV kabel yang memiliki kecepatan hingga mencapai 2 juta bit per detik (2 Mbps). Jaringan nirkabel pada umum nya berkecepatan 11 juta bit per detik (11 Mbps), tetapi bias mencapai hingga 54 Mbps. Jaringan computer perusahaan memiliki kecepatan hingga 100 Mbps.

EVOLUSI DI BIDANG APLIKASI KOMPUTER

            Sistem Informasi adalah suatu system virtual yang memungkinkan manajemen mengendalikan operasi system fiik perusahaan.
            Sistem fisik perusahaan terdiri dari atas sumber sumber daya berwujud bahan baku, karyawan, mesin, dan uang. Sedangkan system virtual terdiri atas sumber daya informasi yang digunakan untuk mewakili system fisik. Sistem fisik sebuah perusahaan adalah suatu system terbukan (open system) yang berinteraksi dengan lingkungan melalui sumber dya fisik. Suatu system informasi juga merupakan system terbuka. System tertutup adalah system yang tidak berkomunikasi dengan lingkungan.

Sistem Pemrosesan Transaksi

Sebelum computer ada, system virtual perusahaan adalah kombinasi dari proses manual mesin mesin pembukuan yang di gerakkan oleh kunci, dan system kartu berlubang (punchcard system) yang memproses data perusahaan. Data terdiri atas fakta dan angka yang biasanya tidak bermanfaat karena volumenyanya yang besar dan sifatnya yang masih belum diolah.
            Sistem berbasis computer yang pertama disebut system pemrosesan data elektronik . Belakangan istilah system informasi akuntansi mulai dikenal. Kini system pemrosesan transaksi merupakan istilah yang umum. Sistem ini berbagi satu ikatan yang sama dimana mereka memproses data yang mencerminkan aktivitas perusahaan.

Sistem Informasi Manajemen

Dengan telah terbentuk nya dari berjalannya system pemrosesan transaksi, baik spesialis informasi perusahaan maupun produsen computer ingin terus melanjutkan peningkatan dalan aktifitas komputasi, sehingga mereka mencari area area aplikasi yang baru. Tidak dibutuhkan waktu yang lama bagi mereka untuk menyadari bahwa output informasi dari system pemrosesan transaksi teryata masih jauh dari sempurna. System ini pada umum nya tidak mamppu mengubah volume data menjadi informasi.
            Kita mendefinisikan system informasi manajemen sebagai suatu system berbasis computer yang membuat informasi tersedia bagi para pengguna yang memiliki kebutuhan serupa. SIM akan mengasilkan informasi ini melalui penggunaan dua peranti lunak:

  1. Peranti lunak pembuat Laporan yang menghasilkan laporan berkala maupun maupun laporan khusus. Laporan berkala dikodekan dalam suatu bahasa program dan disiapkan sesuai jadwal tertentu. Laporan khusu, yang sering disebut pula laporan ad hoc, dibuat sebagai tanggapan atas kebutuhan informasi yang tidak diantisipasi sebelum nya.
  2. Model matematia menghasilkan informasi sebagai hasil dari suatu simulasi atas operasi perusahaan. Model model matematis yang menggambarkan operasi perusahaan dapat dituli=a menggunakan semua jenis bahasa pemograman.

 

Output informasi yang dihasilkan akan digunakan oleh pihak pihak yang akan memecahkan masalah dalam mengambil keputusan guna memecahkan masalah perusahaan.

Sistem Kantor Virtual (Virtual Office System)

            Pada tahun 1964, teknologi computer telah diterapkan pada tugas tugas kantor ketika IBM memperkenalkan sebuah mesin tik elektronik yang memiliki kemampuan mengenali pita magnetic. Mesin tik tersebut dapat menyimpan materi yang diketik di pita magnetic dan mempuerluaskan materi tersebut jika di butuhkan. Aplikasi ini disebut pengolahan kata. Aplikasi tambahan lain nya meliputi E-mail, Voice Mail, Kalender elektronik, konferensi audio, konferensi video, konferensi computer, dan tranmisi faksimili (fax).
            Sistem ini awalnya sederhana dan bersidat administratif, Namun kini mereka biasanya disebut sebagai system produktivitas pribadi. Dewasa ini, manajer mengunakan teknologi untuk melakukan pengelolaan sendiri atas sebagian tugas tugas administratif yang tadinya membantu manajer di tahun 1960-an.
            Teknologi tidak lagi membebani para manajer dengan tugas tugas administrative lagi. Dengan menggunakan teknologi untuk menghilangkan gangguan gangguan yang tidak perlupada komunikasi acara manajer dan pihak lain, teknologi telah membuat manajer menjadi jauh lebih efisien.

Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan (Deciaion Support System)

            Beberapa system informasi manajemen mengalami kegagalan dan kegagalan ini telah meyakinkan para spesialis informasi bahwa harus ada cara lain yang dapat membantu para pihak pencari pemecah masalah mengambil keputusan. Namun, baru pada tahun 1971 istilah system pendukung pengambilan keputusan dicetuskan oleh G. Anthony Gorry dan Michael S. Scott Morton, keduanya professor MIT. Mereka yakin bahwa suatu system seharusnya dibuat untuk pemecahan masalah dan masalah tentunya. Suatu system pendukung pengambilan keputusan (deciaion support system – DSS) adalah suatu system yang membantu seorang manajer atau sekelompok kecil manajer memecahkan satu masalah. Satu contoh DSS yang di rancang untuk membantu seorang manajemen penjualan menentukan tingkat komisi terbaik bagi para tenaga penjualannya.
            Output DSS awalnya dihasilkan dihasilkan dari suatu basis data relasional dan mencakup laporan berkala dan khusus serta output dari model model matematis. Berikutnya ditambahkan kemampuan dukungan keputusan kelompok melalui peranti lunak yang berorientasi pada kelompok yang disebut Goupware. Groupware memungkinkan DSS bertindak sebagai suatu system pendukung pengambilan keputusan kelompok (group deciaion support system – GDSS).
            Kecerdasan buatan (artificialcintelligence – AI) adalah ilmu yang memberikan kemampuan bagi computer untuk menunjukan perilaku yang sama dengan seorang yang memiliki kecerdasan.

Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (Enterpriae Resource Planning System)

            Sistem pemrosesan transaksi, SIM, dan DSS, ketiga tiganya dikembangan tanpa melalui suatu rencana utama. Pada dasarnya, masing masing system muncul sebagai respons atas kebutuhan yang berbeda beda. Selama tahun 1990-an, perusahaan perusahaan mulai melihat akan keuntungan yang diberikan dari mengintegerasikan ketiga system ini sehingga mereka akan berfungsi sebagai satu unit yang terkoordinasi. Suatu system perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah system computer yang memungkinkan manajemen seluruh sumber daya perusahaan dalam basis keseluruh organisasi.
            Peranti lunak ERP dipasarakan dengan telah memenuhi persyaratan Y2K untuk memasukan perusahaan bahwa system informasi yang digantikan tidak akan mengalami kesalahan yang diakibatkan oleh perubahan tanggal dari tahun 1999 ke tahun 2000. Teori bahwa Y2K adalah kekuatan pendorong di balik implementasi peranti lunak ERP semakin terbukti denga melambatnya tingkat penjualan para penjual ERP besar pada tahun 1999.

PENGGUNA SISTEM INFORMASI

Pengguna pertama output computer adalah para karyawan administasi di bidang akuntnti. Beberapa informasi, seperti yang dihasilkan sebagai produk sampingan dari aplikasi akuntansi, juga tersedia bagi para manajer. Ketika perusahaan menerapkan konsep SIM, penekanan akan bergeser dari data menuju ke informasi dan dari karyawan administrasi ke pemecahan masalah. Sistem dikembangkan secara spesifik sebagai dukungan dalam memecahkan masalah.

MANAGER SEBAGAI PENGGUNA SISTEM INFORMASI

Karena manajer adalah individu, kebutuhan informasi yang merdeka miliki juga sangat beragam. Namun beberapa kerangka yang bermanfaat telah dikembangkan sehingga memungkinkan kita berfokus pada peranan informasi pemecahan masalah. System informasi bermutu tinggi tidak dapat dikembangkan kecuali professional system organisasi modern.

PERANAN INFORMASI DALAM PEMECAHAN MASALAH MANAJEMEN

Berkata bahwa pemecahan masalah adalah aktivitas terpenting yang dilakukan seorang manajer merupakan suatu gambaran yang terlalu disederhanakan. Pekerjaan ini jauh lebih rumit dari pada hanya sekedar pemecahan masalah saja. Aktifitas aktivitas lain, seperti komunikasi, juga sama pentingnya. Akan tetapi adalah aman jika dikatakan bahwa pemecahan masalah merupakan salah satu aktifitas utama yang sering kali menentukan berhasil atau tidak karier manajemen.

Pemecahan Masalah dan Pengambilan keputusan

Hasil dari aktivitas pemecahan masalah adalah solusi, Memikirkan masalah sebagai sesuatu hal yang selalu buruk adalah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, karena kita jarang mengertikan frase mengambil keuntungan dari sebuah situasi sama hal nya dengan kita mengartikan frase memperbaiki sebuah situasi yang buruk . Kita akan memperhutungkan masalah sebagai suatu kondisi atau peristiwa yang merugikan atau memiliki potensi untuk merugikan bagi sebuah perusahaan.

Tahapan tahapan Pemecahan Masalah

Herbert A. Simon, ilmuan manajemen pemenang hadiah nobel, mendapat pengakuan karena mendefinisikan empat tahapan dasar pemecahan masalah yang telah diakui secara universal. Menurut simon, pemecahab masalah akan terlibat dalam :

  • Aktivitas intelijen. Mencari kondisi kondisi yang membutuhkan solusi di dalam lingkungan
  • Aktivitas perancangan. Menemukan, mengembangkan, dan menganalisis kemungkinan kemungkinan tindakan.
  • Aktivitas pemilihan. Memilih satu tindakan tertentu dari berbagai tindakan yang tersedia.
  • Aktivitas peninjau. Menilai pilihan pilihan masa lalu

MASA DEPAN TEKNOLOGI INFORMASI

Masa depan teknologi informasi akan didorong oleh biaya yang rendah dan meningkatnya kekuatan computer maupun komunikasi. Kekuatan computer diukur dalam kecepatan pemrosesan, kapasitas penyimpana data, dan keragaman alat alat input dan output. Computer dan komunikasi juga sedang mengalami penggabungan. Telepon genggam kini memiliki browser, e-mail, dan kemampuan foto serta fitur fitur penyuntingan. Canasta,Inc . telah mengembangkan sebuah keyboard yang dibuat olah cahaya. Ia merupakan gambar dari sebuah keyboard yang dapat diproyeksikan ke semua permukaan yang datar.
            Kemajuan ini mengindikasikan bahwa di masa depan komputasi akan rendah biaya, berukuran kecil, bergerak, dan terhubung. Untuk mengambil keuntungan dari segala kemungkinan ini, manajer harus belajar untuk menerapkan system informasi ke dalam pengambilan keputusan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s