Sistem Informasi Manajemen Bab 3

Bab III

Menggunakan Teknologi Informasi dalam Menjalankan Perdagangan Elektronik (E-Commerce)

Perdagangan Elektronik adalh penggunaan jaringan komunikasi dan computer untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan popular sari E-Commerce adalh penggunaan internet dankomputer dengan browser web untuk membeli dan menjual produk. Meskipun padangan ini tidak salah, ini hanyalah merupakan bagian kecil dari E-Commerce . Sebagian besar terjadi antarbisnis dan bukan antara bisnis dengan konsumen.
            E-Commerce bisnis ke konsumen adalah perkembangan yang terakhir dan tampak nya semua orang kini kini berselancar di internet untuk memebeli buku buku dan musik. Penjualan Bisnis ke konsumen sangat sedikit di bandingkan dengan penjualan bisnis ke bisnis, namun ini masih mencerminkan satu peluang bagi pertumbuhan dan laba yang besar.

PERDAGANGAN ELEKTRONIK

Beberapa orang medefinisikan perdagangan elektronik dengan sangat sempit. Definisi sempit yang mereka berikan hanya meliputi transaksi transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dengan pemasok, yang menghubungkan computer mereka masing masing melalui internet. Definisi yang sempit seperti ini mengartikan bahwa hanya transaksi trasaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat di klasifikasikan sebagai E-Commerce.
            Kita akan melihat pedagang luas E-commerce, yaitu bahwa e-commerce dapat memfasilitasi operasi internal perusahaan. Dengan pandangan ini, istilah bisnis elektronik dan perdagangan elektronik akan sama. Banyak operasi perusahaan adalah internaldilaksanakan di dalam batas perusahaan oleh bidang bisnis keuangan, SDM, layanan informasi, produksi, pemasaran dan lain lain.

E-Commerce di Luar Batas Perusahaan

            Akan bermanfaat jika kita membedakan dua jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas di luar batas perusahaan. E-Commerce bisnis ke konsumen mengacu pada transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk. E-Commerce bisnis ke bisnis mengacu pada transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir
            Transaksi B2B melibatkan jumlah orang yang relative sedikit, biasanya mereka yang berada di dalam kelompok layanan informasi perusahaan yang terpengaruh.orang orang yang terlibat dengan transaksi B2B biasanya sangat terlatih daam penggunaan system informasi dan pengenal proses bisnis yang terpengaruh oleh transaksi tersebut.
            Transaksi B2C memebutuhkan perbedaan desain yang mendasar. Konsumen mungkin tidak memiliki keahlian dalam bidang teknologi informasi, sehingga situs web harus memberikan instrusi da bantuan. Jika konsumen berkomunikasi dengan bisnis melalui koneksi telepon yang lambat, jumlah gambar yang ditampilkan mungkin perlu dikurangi.

Manfaat manfaat yang Diharapkan dari E-Commerce

  • Berbaikan layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah penjualan
  • Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunikasi keuangan
  • Peningkatan imbal balik ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik

Manfaat diatas akan memberikan konstribusi pada stabilitas keungan perusahaan dan mungkinkannya bersaing dengan lebih baik di dalam dunia bisnis yang semakin luas menerapkan teknlogi computer.

Kendala kendala E-Commerce

Pada survei tahun 1996, 60 %perusahaan yang meberikan respons menunjukan bahwa mereka belum mengimplementasikan e-commerce dan tidak memiliki rencana untuk melakukan dalam waktu tiga tahun kedepan. Bahwa pada tahun 2004, Departemen perdagangan AS melaporkan bahwa hanya 2,3 persen dari seluruh penjualan ritel kuartal keempat dilakuka dalam bentuk e-commerce.
            Ketika ditanyakan mengenai alas an dari kehari hari perusahaan menyebutkan tiga Kendal dengan urutan sebagai berikut:

  • Biaya yang tinggi
  • Kekwatiran akan mesalah keamanan
  • Peranti lunak yang belum mpan atau belum tersedia

Masing masing kendala di atas semakin tertantang seiring dengan semakin populernya teknologi dan system informasi. Biaya sumber daya komputasi pada akhirnya akan menurun. Seperti yang telah diuraikan di Bab1, Hukummoore meramalkan penggandaan kekuatan computer setiap 18 bulan . Dengan berlipatnya kekuatan setiap 18 bulan, biaya e-commerce juga akan turun.

Ruang Lingkup E-Commerce

Ketika anda membaca bagian ini , pahami bahwa e-commerce bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruh dapat beruah dalam waktu hanya beberapa bulan. Anda hendaknya mengunjungi WWW.CENSUS.COM dan hubungankan ke halaman web E-stats untuk mengetahui angka angka e-commerce yang terakhir
            E-commerce menyumbang hampie $1,7 triliun untuk aktivitas perekonomian di amerika serikat selama tahun 2003. E-commerce telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari 15 persen setiap tahun nya selama lima tahun terakhir.
            E-commerce memiliki memiliki arti pentign khusus bagi beberapa segmen tertentu perekonomian AS karena memang menyumbangkan persentase dolar penjualan dalam jumlah besar dalam segmen segmen tersebut.

Jalan Menuju E-Commerce

Ketika sebuah perusahaan merasa bahwa manfaat yang diharapkan lebih besar daripada biaya dan memutuskan untuk mengimplementasikan e-commerce, perusahaan tersebut menyadari bahwa implementasi yang akan dilakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif.

INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)

Melaksanakan E-commerce bukanlah sebuah keputusan yang diambil tanpa pertama tama meraih pengetahuan terlebih dahulu tentang perusahaan dan hubungan degan para pelanggan , pesaing, pemasok, dan pihak pihak eksternal lain nya. Inteligensi bisnis adalah aktivitas pengumpulan informasimengenai unsur unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.

Basis Data Eksternal

Perusahaan tidak harus mencari informasi lingkungan sendiri . Tersedia sejumlah bisnis dan data komersial penting yang memberikan informasi mengenai semua subjek. Lexis Nexis (WWW.LEXISNEXIS.COM) memberikan informasi hokum, keungan, dan pemerintah dari berbagai macam sumber. Untuk sejumlah biaya, perusahaan tersebut akan memenerikan analisis atas informasi ang diminta. DIALOG (WWW.DIALOG.COM) meliputi berita, bisnis, pemerintah dan sumber sumber lain nya. Dowjones.com (WWW.DOWJONES.COM) Menawarkan beragam jenis informasi mengenai masala masalah keuangan. Global eXchange Services (WWW.GXS.COM) menjual jasa yang ditunjukan pada pengintegrassian transaksi transaksi elektronik untuk rantai pasokan global.

Mesin Pencari

Suatu mesin pencari adalah suatu program computer khusus yang menanyakan satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari. Program ini kemudian mencari isi situs situs web diinternet  untuk melihat apakah kata atau kata kata tersebut ada di situs situs web tersebut, Sebagai contoh, anda mungkin menggunakan mesin pencari untuk menemukan ketersediaan kamar hotel.
            Yahoo , Excite, Alta Vista, MSN, Google, dan Askjeeves adalah sebagian kecil situs situs mesin pencari dan portal populer yang tersedia bagi pengguna untuk mencari informasi yang dapat diakses melalui web.

STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL

            Masalah dalam menentukan trategi e-commerce yang tebaik memiliki beberapa kemungkinan solusi. Namun, strategi yang paling disebut adalah strategi dimana unsur unsur yang ada dikaitkan dengan tranmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah system interorganisasional (interorganizational system – IOS). Istilah yang sering kali dipergunakan untuk IOS adalah EDI, yang merupakan singkatan dari electronic data interchange (pertukaran data elektronik).

SISTEM INTERORGANISASIONAL

Kita telah mengetahui bagaimana perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain untuk menciptakan suatu system inteorganisasional sehingga semua perusahaan berkerja sama sebagai suatu unit yang terkoordinasi , meraih manfaat yang tidak dapt diraih sendiri oleh setiap perusahaan. Perusahaan perusahaan yang berpartisipasi disebut sekutu dagang, sekutu bisnis, atau aliansi bisnis.
            E-commerce merupakan suatu hal yang fundamental bahwa basis data interorganisasional. Pertukaran sejumlah besar data secara cepat dan aman merupakan hal yang krisis untuk mendukung transaksi transaksi organisasi yang menggunakan teknologi informasi untuk bersaing.

Manfaat IOS

Sekutu dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan dengan harapan akan dapat merealisasikan dua manfaat penting : efisiensi komperatif dan kekuatan penawaran.

Efisiensi komparatif deagn bergabung dalam IOS, para sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan selanjutnya memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah kepada para pelanggannya. Hal ini memberikan para sekutu di dalam IOS keunggulan harga diatas para pesaingnya.

  • Efisiensi Internal
  • Efisiensi Interorganisasional

Kekuatan Penawaran kemampuan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggan demi keuntungan perusahaan itu sendiri disebut kekuatan penawaran. Kekuatan ini diambil dari tiga area dasar : dengan menawarkan fitur fitur produk yang unik, dengan mengurangi biaya biaya yang berhubungan dengan penelitian, serta dengan meningkatkan biaya perpindahan.

  • Fitur fitur produk yang unik
  • Menurunkan biaya biaya yang berhubungan dengan penelitin
  • Meningkatkan biaya perpindahan

EDI

Edi terdiri atas data langsung computer ke computer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin. Meskipun EDI merupakan teknologi yang lebih lama, ia tetap penting karena memfasilitasi sebagaian besar mayoritas perdagangan B2B.

            Ketika jasa yang menjalankan dan mengelola jalur komunikasi diberikan selain jalur itu sendiri , disebut sebagai jaringan bernilai tambah. Beberapa orang berpendapat bahwa VAN sebenarnya adalah EDI yang telah di kontrakkan kepada suatu vendor.
            Edi adalah implementasi dominan dari suatu IOS . lebih dari dua pertiga e-commerce dilaksanakan dengan menggunakan EDI , jika dibandingkan dengan alternative alternative IOS lain nya. Meskipun EDI mahal dan merepotkan dari pada system komunikasi IOS yang lebih baru, EDI tetap merupakan metode yang terdepan.

Pengaruh Penerapan

Pada satu artikel decision sciences tahun 1995 , dua professor SIM G. Premkumar dan K.Ramamurthy mempelajari faktor faktor yang dapat mempengaruhi keputusan untuk menerapkan suatu IOS . Mereka mengindentifikasi empat faktor yang menentukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif.

Dua pengaruh bersifat lingkungan.

  • Tekanan kompetitif
  • Penggunaan Kekuasaan
  • Kebutuhan Internal
  • Dukungan manajemen puncak

Manfaat manfaat Tidak Langsung IOS

Beberapa manfaat dari system interorganisasional seperti EDI dan ekstranet didororng secara langsung dari teknologi. Ini merupakan mafaat langsung dari kekurangan kesalahan entri data, biaya yang lebih rendah , dan meningkatnya efisiensi operasional. Mafaat tidak langsung meliputi meningkatnya kemampuan untuk bersaing, perbaikan hubungan dengan sekutu dagang , dan layanan pelanggan yang lebih baik.

Manfaat manfaat langsung dan tidak langsung.

  • Mengurangi kesalahan
  • Menurunkan biaya
  • Meningkatnya efisiensi operasional
  • Meningkatnya kemampuan untuk bersaing
  • Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang
  • Memperbaiki layanan pelanggan

STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE

Nilai uang e-commerce B2B membuat nilai uang e-commerce B2C terlihat begitu kecil. Hanya sekitar 6 persen dari nilai e-commerce dihasilkan oleh B2C. Jadi, mengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce B2c jadi begitu penting ?

            Dua alas an adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan banyak nya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan Web. Kecepatan kemunikasi yang lebih cepat bagi computer computer rumahan juga telah membuat pengiriman produk produkdigital menjadi lebih praktis . Kekhawatiran akan pencurian informasi, seperti informasi kartu kredit, telah digantikan dengan penerimanaan.

MENGGUNAKAN INTERNET

E-commerce tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya jaringan yang menghubungkan pelanggan dengan organisasi . Awal mula internet dapat ditarik balik hingga tahun 1969, ketika pemerintah AS membuat  suatu jaringan yang disebut ARPANET. Usaha usaha yang diawali ditahun 1989 mengarah pada apa yang kita kenal hari ini sebagai World Wide Web.

Berikut ini adalah daftar istilah umum dalam WWW :

  • Situs Web
  • Link Hypertext
  • Halaman Web
  • Home Page
  • Browser
  • Universal Resourse Locator
  • Protokol
  • Nama Domain
  • Path

SARAN SARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET

Meskipun Web masih berusia relative muda , perusahaan perusahaan telah mengidentifikasikan beberapa kunci untuk keberhasilan penggunaannya. Para eksekutif yang membuat keputusan strategi bagi perusahaan hendak nya mempertimbangkan tips tips berikut ini dan memberikan tanggung jawab untuk mencapai tujuan ini kepada CIO dan bidang IS.

  • Pastikan situs web anda kuat
  • Pastikan prowser dan struktur bsis data anda fleksibel
  • Menekankan isi
  • Sering diberbarui
  • Melihat diluar pelanggan
  • Tujukan isi pada kebutuhan spesfiksi pengguna
  • Menjadikan Internet intuitif
  • Berada dilokasi Web yang tepat
  • Ciptakan rasa kebersamaan
  • Carilah bantuan jika anda membutuhkan nya.

Saran saran diatas sekaligus menunjukan bahwa memanfaatkan web secara sepenuhnya tenyata tidak hanya sekedar halaman Web.Keberadaan Web yang baik membutuhkan lebih banyak usaha daripada kebanyakan proyek proyek lain yang tidak berhubungan denga Web.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s