Sistem Informasi Manajemen Bab 5

SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI

PERANTI KERAS

            Fitur yang menjadi perhatian kita dalam peranti keras adalah prosesor, memory kapasitas penyimpanan, alat alat input dan output, serta multimedia.

  • Prosesor atau sering disebut juga sebagai unit prorosesan pusat atau centra prosesing unit. Prosesor adalah tempat dimana pemrosesan data dilakukan. Intel, advanced Micro Devices (AMD) cirix, Motorola, dan perusahaan perusahaan lain nya memproduksi prosesor micro yang terdapat di banyak computer micro populer.
  • Memory pada dasarnya data disimpan di dalam sebuah computer dalama dua cara – memory yang penyimpanan. Memory yang di sebut juga ruang penyimpanan atau random access memory (RAM). Memory didalam sebuah computer sangatlah cepat dibandingkan mengakses data di sebuah alat penyimpanan, seperti sebuah disk.
  • Ruang penyimpanan tetap (Fixed storage) terpasang secara permanen di dalam computer
  • Alat alat input data yang diterima manusia mengacu pada input yang diisi oleh seorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse, menyentuh monitor dan lain lain. Terdapat dua kendala bagi data yang diterima manusia . pertama lambat. Dan yang kedua adalah tingkat akurasi tidak tinggi.
  • Alat alat output . dua alat yang paling dikenal adalah layar computer yang terkadang disebut monitor dan printer.
  • Multimedia evolusi alat input dan output adalah menuju ke aras multimedia, penggunaan lebih dari satu media pada saat yang sama. Sebagai contoh, informasi berbentuk teks dapat dapat di proyeksikan ke layar computer dengan disertai oleh satu gambar atau video.

ALAT-ALAT KOMPUTASI PRIBADI

 

Komputer mikro saat muncul pertama kali bukan tergabung dalam suatu jaringan, setiap pengguna komputer mikro menggunakan sumber daya ini hanya untuk keperluan komputasi pribadinya saja. Kini masing-masing pengguna sebuah komputer mikro dapat berbagi file, printer, dan sumber daya lainnya ketika terhubung oleh suatu jaringan.

Memahami alat-alat ini lebih lanjut akan membantu anda melihat bagaimana alat-alat komputasi pribadi dapat mengubah pengambilan keputusan bisnis. Beberapa fitur yang membuat menarik khususnya bagi komputasi pribadi adalah usai baterai yang panjang sebelum diisi ulang, akses jaringan nirkabel, kemampuan untuk melakukan sinkronisasi file data dengan sumber daya komputer yang lain, dan layar tampilan yang kecil, namun fungsional.

 

Telepon Seluler dengan Pesan dan Video Interaktif

            

            Perusahaan-perusahaan pembuat telepon seluler populer (Samsung, Nokia, Ericsson, dan lain-lain) telah membuat telepon yang menampilkan pesan tulisan dan gambar-gambar berukuran kecil di layar tampilannya, beberapa telepon seluler dapat menyimpan video-video pendek. Keypad telepon menjadi input, meskipun beberapa orang merasa pengguliran nilai-nilai di keypad telepon adalah hal yang membosankan. Namun, telepon seluler memiliki kapasitas komputasi yang mendasar saja, dan keypad serta layar tampilannya bertindak sebagai alat input dan output.

            Telepon seluler memiliki fitur-fitur lain yang membantu fungsi-fungsi bisnis. Daftar kontak disimpan dalam telepon seluler, daftar kontak tidak hanya mencantumkan nomer telepon saja, namun juga nama, alamat, alamat e-mail, catatan, dan lebih banyak lagi.

            Agenda dan alarm adalah dua fitur tambahan telepon yang membantu tujuan bisnis. Manajer dan profesional menghadiri banyak rapat, dan alarm telepon seluler bekerja seperti sebuah jam alarm, yang berdering pada waktu yang telah ditentukan.

 

Telepon Seluler Cerdas

 

            Telepon seluler dianggap sebagai telepon cerdas (smart phone) ketika ia menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro. Treo 650 dari Palm, Inc memenuhi definisi smart phone ini. Fitur yang paling membedakan Treo sebagai smart phone adalah bahwa ia dapat mensikronisasikan seluruh informasinya (agenda, nomer telepon, dan banyak lagi) dengan sebuah komputer mikro.

            Balckberry 7270 dapat mengakses jaringan area lokal nirkabel organisasi anda dan mengambil informasi dari basis data anda ketika organisasi anda meng-install Blackberry Enterprise Server sebagai jembatan dari server standar anda ke Blackberry. Salah satu fitur Blackberry  7270 adalah bahwa ia memiliki kemampuan suara melalui protokol internet yang memungkinkan biaya panggilan telepon yang lebih rendah melalui Private Branch Exchange (PBX) perusahaan anda. Alat-alat seperti Blackberry membantu konsep kantor maya menjadi sebuah kenyataan.

            Baik model Treo maupun Blackberry menggunakan protokol telepon seluler digital GSM (Global system for Mobile Communication). GSM adalah protokol yang paling banyak digunakan di Eropa, Asia, Afrika, dan Australia. Penggunanya di Amerika Serikat dimulai pada tahun 2002, dan mulai menjadi standar di negara tersebut. Telepon GSM menciptakan suatu koneksi yang benar-benar global.

 

Jaringan Rumah

 

            Banyak rumah tangga yang memiliki lebih dari satu komputer mikro memiliki gerbang berkecepatan tinggi ke internet melalui modem kabel atau DSL. Masalahnya adalah bagaimana membagi satu koneksi di antara beberapa komputer. Solusinya adalah menggunakan sebuah router nirkabel. Modem akan tersambung ke router, dan router tersambung ke komputer melalui sebuah jaringan nirkabel.

            Kebanyakan komputer laptop baru telah memiliki akses jaringan nirkabel terpasang, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk membeli sebuah kartu akses nirkabel lagi. Anda tidak harus menggunakan jaringan nirkabel untuk menghubungkan beberapa komputer mikro ke modem anda, ini hanyalah salah satu cara yang mudah untuk menghubungkan mereka dengan biaya yang relatif rendah. Teknologi antara router nirkabel dan kartu jaringan nirkabel secara konsep serupa dengan mengirimkan suara anda dari sebuah telepon tanpa kabel ke unit utamanya yang terpasang ke saluran telepon.

            Ketika anda memasang router jaringan nirkabel anda, anda akan ditanyakan beberapa pertanyaan. Pahami bahwa koneksi nirkabel anda memiliki jarak sekitar 100 meter di dalam sebuah bangunan, karena adanya dinding dan halangan-halangan lainnya. Jarak diluar ruangan kurang lebih tiga kali lebih jauh, ini artinya bahwa pengguna-pengguna lain dengan kartu jaringan nirkabel akan dapat terhubung ke router jaringan nirkabel anda jika mereka tinggal atau bekerja di dekat anda. Ketika memasang router, anda mungkin ingin membuat satu kata sandi untuk membatasi akses ke jaringan nirkabel anda.

            Fitur lain yang perlu dinyalakan adalah enkripsi data yang dikirimkan di antara komputer mikro dan router nirkabel. Data yang telah terenkripsi akan ditulis dalam kode sandi sedemikian rupa, sehingga kecil kemungkinan seseorang akan dapat membaca informasi yang dikirimkan melalui jaringan nirkabel anda. Ketika anda memasang router, anda mungkin akan ditanyakan “Apakah anda ingin mengaktifkan WEP?” Wired equivalent privacy (WEP) adalah standar yang umum, jadi ada kemungkinan seseorang yang memiliki alat yang tepat di tempat yang tepat dan waktu yang tepat akan dapat menangkap dan memecahkan kode sandi anda, namun kemungkinannya kecil.

 

Keamanan Komputasi Rumah

 

            Tiga aspek keamanan memiliki arti yang penting bagi komputer mikro yang anda pergunakan di rumah dan di tempat kerja, update sistem operasi, virus, dan spyware. Keamanan bagi sumber daya sebuah organisasi seperti server Web, basis data, dan jaringan hendaknya menjadi tanggung jawab dari para profesional sistem informasi.

            Terdapat dua jenis perbaruan (update) yang penting bagi pengguna individu, update untuk sistem operasi dan untuk peranti lunak aplikasi. Microsoft Windows adalah sistem operasi yang paling populer bagi komputer mikro. Apple Computer membuat Mac OS X. Unix adalah sistem operasi yang lain. Kita akan memusatkan perhatian pada sistem operasi Windows di sini karena sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang paling umum ditemukan di kebanyakan komputer mikro. Hal-hal yang dipelajari dari Windows juga dapat diterapkan pada Mac OS X dan Unix.

            Meng-update sistem operasi anda penting artinya bagi keamanan dan efisiensi. Keamanan adalah kepentingan utama, namun efisiensi hendaknya tidak diabaikan. Hampir setiap hari terdapat satu jenis peranti keras baru yang dibuat atau diperbaiki.

 

Peranti Lunak Sistem

 

            Peranti lunak sistem (system software) atau yang disebut juga peranti lunak sistem operasi, menjalankan tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari satu komputer tertentu. Tugas-tugas ini berhubungan dengan peranti keras dan bukan dengan aplikasi yang dikerjakan oleh perusahaan atau pengguna. Adalah hal yang mustahil menggunakan sebuah komputer modern tanpa menggunakan beberapa peranti lunak sistemnya.

            Sistem operasi mengelola proses-proses komputer, dan berfungsi sebagai suatu antarmuka yang menghubungkan pengguna, peranti lunak aplikasi, dan peranti keras. Contoh-contoh sistem operasi untuk komputer mikro adalah Windows XP dan Mac OS X. Sistem operasi untuk komputer-komputer yang lebih kecil biasanya berjalan pada lebih dari satu prosesor pabrikan, sedangkan sistem operasi untuk komputer-komputer mainframe besar, seperti OS/390 IBM, merupakan hak milik dan tidak dibagi dengan pembuat-pembuat komputer yang lain. UNIX adalah suatu sistem operasi yang tidak biasa dimana versi-versinya dapat dijalankan pada komputer mikro maupun mainframe. UNIX adalah sebuah freeware, setiap orang dapat secara gratis mempergunakan dan mengubahnya untuk memenuhi kebutuhan mereka masing-masing.

            UNIX juga memiliki versi yang menjadi hak milik (atau vendor akan mengenakan biaya untuk penggunaan atau pembelian sistem operasi tersebut). Vendor menjadikan versi UNIX mereka menjadi hak milik dengan menambahkan fitur-fitur pada sistem operasi yang memperluas fitur-fitur standar versi UNIX yang gratis. Vendor-vendor ini masih mendistribusikan versi-versi gratis UNIX (yang kadang disebut versi “terbuka”) namun mereka juga secara agresif memasarkan versi-versi milik mereka di mana mereka dapat menjualnya kepada konsumen.

            Semua komputer memiliki sistem operasi, namun sistem-sistem tersebut bervariasi dalam sejumlah fungsi dasar dan dalam bagaimana fungsi-fungsi tersebut dijalankan. Sistem operasi sebuah mainframe jauh lebih rumit daripada sistem operasi komputer mikro dengan pengguna tunggal, karena mainframe harus melakukan koordinasi dengan banyak alat-alat input dan output, juga menangani beberapa pengguna sekaligus.

 

Peranti Lunak Aplikasi

 

            Programer akan memasukkan serangkaian angka nol dan satu kedalam memori komputer untuk mengendalikan operasinya. Para profesional sistem informasi membuat peranti lunak siap pakai dan peranti lunak aplikasi sesuai pesanan. Dengan meningkatnya pengetahuan para pengguna komputer maka meningkat pula jumlah aplikasi yang ditulis sendiri oleh pengguna akhir.

            Peranti lunak dapat telah diprogram sebelumnya untuk situasi-situasi seperti ini. Perhitungan pajak, akuntansi untuk penggajian, penyusutan aset tetap, dan banyak transaksi-transaksi bisnis lainnya adalah transaksi-transaksi standar. Karena aktivitas seperti ini dan aktivitas-aktivitas lain semakin luas penggunaannya, telah terdapat sangat banyak paket-paket peranti lunak siap pakai yang di buat untuk aktivitas tersebut.

            Peranti lunak siap pakai ( prewitten application software), atau kadang-kadang disebut peranti lunak off-the-shelf, diproduksi oleh pemasok dan dijual kepada pengguna. Pengguna dapat menggunakan peranti lunak yang telah dikembangkan oleh progremer-progremer yang berpengalaman tanpa harus memperkerjakan progremer sendiri atau belajar bagaimana cara membuat program. Peranti lunak ini biasanya memperkenankan pengguna melakukan penyesuaian-penyesuaian kecil, guna menyesuaikan terhadap kebutuhan-kebutuhan khusus yan gmungkin mereka miliki. Peranti lunak siap pakai memiliki dua keuntungan penting :

1.      Peranti lunak siap pakai telah langsung tersedia. Bisnis tidak harus menunggu programmer mengembangkannya selama tiga minggu atau enam bulan.

2.      Peranti lunak siap pakai lebih murah daripada peranti lunak khusus.

Seluruh bisnis tahu bahwa pengembangan produk memiliki biaya tetap dan juga biaya variabel. Karena biaya tetap pengembangan begitu tinggi bagi kebanyakan peranti lunak aplikasi, dibandingkan dengan biaya variabel dalam memasarkan dan mendistribusikannya, biaya akhir bagi bisnis karena mempergunakan peranti lunak siap pakai menjadi tidak begitu besar, karena biaya pengembangan akan disebat di antara banyak pengguna. Peranti lunak aplikasi siap pakai sangat menarik bagi bisnis-bisnis lebih kecil yang memiliki jumlah karyawan yang terbatas untuk menulis program-program komputer.

 

Peranan Peranti Lunak yang Mudah Digunakan Pengguna

 

            Istilah ini mungkin dapat memiliki suatu konotasi negatif dimana secara tidak langsung dapat diartikan bahwa aplikasi ini telah dibuat dengan begitu sederhana sehingga semua orang dapat mempergunakannya. Sebenarnya, user fiendly berarti bahwa aplikasi tersebut telah dibuat dengan seksama sehingga berbagai bakat dan keahlian yang dimiliki oleh rentang pengguna yang luas dapat diakomodasi. Membuat peranti lunak yang “user friendly” jauh lebih sulit daripada membuat peranti lunak yang “programmer friendly”.

            Sumber daya berbasis komputer dapat memainkan satu peranan dalam tugas-tugas dari kebanyakan pekerja kantoran, mulai dari juru tulis tingkat awal hingga direktur utama. Antarmuka yang ramah yang dipergunakan untuk masuk ke sumber daya berbasis komputer berarti bahwa lebih banyak data yang akan dipergunakan dalam mengambil keputusan yang lebih baik. Tinjauan atas karakteristik aplikasi yang ramah pada pengguna adalah sebagai berikut.

·         Dialog yang dipandu untuk mengrahkan pengguna sehubung dengan data apa yang dibutuhkan, format data yang diminta, dan masalah-masalah lain yang serupa.

·         Menu, daftar perintah dengan langkah-langkah yang ditampilkan ke bawah, dan icon, banyak cara untuk menyelesaikan tugas yang sama nenberikan panduan kepada pengguna yang masih awan sekaligus pada waktu yang bersamaan memungkinkan lebih banyak pengguna yang mahir mengambil jalan singkat untuk menyelesaikan tugas.

·         Pola dan formulir-formulir isian.

·         Bantuan yang sensitif pada konteks. Informasi yang membantu hendaknya diberikan pada titik tertentu dimana pengguna mengalami kesulitan, yang membutuhkan program komputer untuk tetap melacak pada bagian aplikasi sebelah mana permintaan spesifik pengguna berasal.

·         Antarmuka berbentuk grafis dengan menggunakan simbol-simbol terstandardisasi, pengguna hendaknya tidak diharapkan untuk mempelajari icon-icon baru ketika setiap aplikasi ditulis. Harus terdapat standardisasi dalam arti dan pengguna icon serta lokasinya pada antarmuka di antara berbagai jenis aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s