Indonesia Harus Memiliki Kapal Induk

Nenek moyangku seorang pelaut 
Gemar mengarung luas samudra 
Menerjang ombak tiada takut 
Menempuh badai sudah biasa

 Image

 

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan sebuah Negara Kepulauan yang sangat luas dengan jumlah penduduk lebih dari 240 juta jiwa. NKRI juga di sebelah utara, timur, selatan dan barat batas wilayahnya berbatasan dengan lautan. Di sebelah barat Indonesia terhampar Samudera Hindia dan di sebelah timur Indonesia terhampar Samudera Pasifik. Republik Indonesia juga mempunyai 17.504 pulau dengan 6.000 pulau telah dihuni.

Image

NKRI setiap hari kehilangan harta di laut berupa pencurian hasil laut sebanyak ratusan milyar setiap hari. NKRI juga telah beberapa kali kehilangan pulau-pulau terluarnya akibat kurangnya perlindungan dan pengawasan terhadap batas wilayah kelautan negara tercinta kita ini. NKRI juga mengalami perdagangan barang secara illegal (penyelundupan) melalui laut dan kejahatan-kejahatan internasional lainnya yang dilakukan melalui kelautan.

Oleh karena itu sebagai sebuah negara kesatuan yang utuh yang terhampar dari Sabang sampai Merauke melalui perairan baik itu selat dan laut dengan dikelilingi oleh dua samudera besar (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik) maka sudah selayaknya Indonesia memiliki minimal 4 (empat) Kapal Induk yang berfasilitas lengkap dengan pesawat dan helikopter. 

Image

Keempat kapal induk ini berfungsi untuk mengamankan perairan Indonesia di sebelah barat, utara, timur dan selatan dari pelanggaran-pelanggaran kelautan seperti pencurian hasil laut oleh kapal asing, pencurian kepulauan oleh negara asing, penyelundupan barang-barang illegal, masuknya imigran gelap, dll. 

Kapal induk ini juga dapat berfungsi untuk mengamankan kawasan regional ASEAN sendiri. Dimana kawasan ASEAN merupakan sebuah kawasan yang sangat strategis dan juga berbatasan langsung dengan lautan. Oleh karena itu kapal induk ini sangat berfungsi strategis dalam mengamankan zona ekonomi Indonesia dari segala ancaman dan dapat berfungsi mengamankan wilayah ASEAN juga.

Sampai saat ini Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi ASEAN dan merupakan kawasan yang sangat rawan terhadap tindak aksi kejahatan di lautan sangat memerlukan pengawalan yang ketat di lautan-lautan Indonesia sendiri. Dan ditambah juga bahwasanya 2/3 permukaan bumi adalah perairan (selat, laut, samudera, dll). Maka kapal induk ini sangat berfungsi penting dalam mengamankan lautan dan samudera yang ada di sekeliling Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai ini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s